15 Cara Alami Mengatasi Masalah Komedo di Wajah

Advertisement
advertisement
Cara Menghilangkan Komedo - Komedo adalah pori-pori yang datang dengan bukaan yang lebih besar. Itu akan tersumbat dengan kotoran dan juga kulit mati. Hasil oksidasi melanin dalam warna hitam. Blackhead dianggap sebagai fase pertama jerawat oleh praktisi medis. Pada dasarnya, komedo berwarna kekuningan atau bahkan benjolan kehitaman yang tertanam di pori-pori.

Komedo mudah berkembang saat kulit menghasilkan banyak minyak sekaligus bisa memburuk jika Anda gagal membersihkannya dengan benar, jika penumpukan kulit mati, jika Anda sering make up atau bahkan jika menggunakan minyak tropis. Jika bakteri mulai menyerang pori-pori, komedo mulai berubah menjadi jerawat. Jika Anda ingin melindungi komedo, cemas semua Anda harus tahu apa itu, apa yang menyebabkan komedo dan pengobatan rumah alami untuk menyingkirkan komedo.

Apa itu komedo?

Menurut ULM (US Library of Medicine), komedo berwarna kecil dan juga bercak hitam di kulit kita karena folikel rambut tersumbat. Permukaan komedo terlihat gelap coklat atau hitam. Pada dasarnya, komedo adalah jenis jerawat yang terbentuk terutama di wajah kita. Bisa juga muncul di dada, punggung, lengan, leher serta bahu. Jika Anda bisa menghilangkan komedo Anda pada tahap awalnya, Anda akan dapat melindungi pertumbuhan jerawat di wajah Anda.

Penyebab umum komedo pada Hidung

Saat sumbat atau bahkan steker mulai berkembang di folikel rambut yang terbuka, komedo mulai terbentuk di kulit. Satu folikel hanya berisi satu rambut dan kelenjar sebaceous menghasilkan minyak yang dikenal dengan sebum. Ini membantu menjaga kulit kita tetap lembut. Minyak dan sel kulit mati menghasilkan benjolan yang dikenal sebagai comedone. Jika kulit kita menutupi benjolan, maka benjolan itu dikenal dengan whitehead.


Saat kulit di atas benjolan ini terbuka, bakteri, kotoran dan beberapa faktor lainnya menyebabkannya terlihat coklat tua atau hitam dan membentuk blackhead. Ada beberapa faktor penting yang juga meningkatkan peluang terjadinya komedo. Berikut adalah daftar faktor yang harus Anda pertimbangkan sebagai penyebab komedo:

Kulit berminyak menyebabkan komedo. Jika kulit Anda sangat berminyak, maka Anda harus mencuci muka 5 sampai 6 kali sehari. Ini akan mengurangi produksi minyak.

  • Rambut rontok iritasi akibat sel kulit mati juga bertanggung jawab terhadap komedo
  • Membangun bakteri propionik pada kulit
  • Perubahan hormonal selama masa remaja, kehamilan, dan menstruasi dapat menyebabkan komedo
  • Mengambil obat tertentu seperti kortikosteroid atau androgen
  • Mengambil pil KB

15 Cara Alami Menghilangkan Komedo di Wajah


1. Masker Putih Telur

Ini adalah masker mudah yang bisa disiapkan di rumah Anda dengan cepat. Telur Putih bisa mengencangkan pori-pori wajah Anda sementara, yang tidak hanya akan menghilangkan komedo Anda saat ini, tapi juga mengurangi kemungkinan komedo di masa depan. Hal ini kurang mengering dan kaya dengan banyak nutrisi yang dibutuhkan.

Petunjuk :

  • Untuk menggunakan masker ini, Anda hanya butuh sel telur, beberapa potong tisu wajah (atau kertas toilet), handuk bersih, dan mangkuk kecil.
  • Setelah mengumpulkan ini, Anda harus memecahkan telur dan memisahkan putih dari kuning telur. Pada awalnya, Cuci dan tepuk wajah Anda. Kemudian, oleskan lapisan putih telur tipis di atas kulit Anda. Agar bisa menerapkan lapisan, Anda bisa meletakkan selembar tisu di atas lapisan tipis, lalu tekan ke wajah dengan sangat lembut.
  • Bila lapisan pertama akan kering, hati-hati menerapkan metode ini lagi untuk yang kedua dan ketiga kalinya. Biarkan masker mengering dengan benar. Ini akan membuat Anda merasa kencang di kulit. Sekarang, kupas lapisan tisu, dan bersihkan wajah Anda dengan lembut untuk memastikan semua residu dibersihkan dengan benar. Akhirnya, tepuk wajahmu.


Catatan: Jika mau, Anda bisa menerapkan lapisan 3 sampai 5 kali. Tapi, Anda harus memastikan bahwa masing-masing lapisan cukup kering untuk menempatkan lapisan berikutnya. Jika lapisannya tidak cukup kering, metode ini tidak akan bekerja dengan baik.

2. Lepas komedo dengan madu dan susu pori strip

Kita tahu bahwa madu dan susu memiliki beberapa khasiat bermanfaat untuk kulit. Susu memiliki asam laktat yang bisa membuat kulit Anda tetap lembut, dan madu memiliki bahan antibakteri yang berguna. Keduanya bagus untuk memperbaiki komedo dengan cepat.

Petunjuk :

Untuk menerapkan metode ini, Anda harus mengumpulkan 1 sendok teh susu, 1 sendok makan madu mentah (madu organik harus), dan bersihkan kapas.
  • Ambil susu dan madu dan aduk rata. Panaskan campuran selama 5-10 detik dalam microwave sampai bentuknya sebagai pasta. 
  • Bila suhu menjadi nyaman digunakan, oleskan pasta di kulit Anda. 
  • Sekarang, letakkan selembar kapas bersih dan kering ke atasnya. 
  • Biarkan pasta kering. Kemudian, kupas stripnya dan bilas wajah Anda dengan air dingin.


Catatan: Sebaiknya tunggu setidaknya selama 20 menit setelah mengoleskan pasta di kulit Anda agar kering dengan benar.

3. Coba Gunakan Madu dan Kayu Manis

Kombinasi kayu manis dan madu adalah properti yang indah untuk menyingkirkan komedo. Madu memiliki khasiat antibakteri, sedangkan kayu manis bagus untuk memperbaiki sirkulasi darah kulit Anda. Campuran dari kedua khasiat tidak hanya akan menghilangkan komedo, tapi juga menghilangkan jerawat dan membuat kulit Anda mulus dan sehat.

Petunjuk :

  • Metode ini membutuhkan 1 sendok teh bubuk kayu manis, 1 sendok teh madu organik, dan potongan kapas bersih.
  • Pada awalnya campurkan bubuk kayu manis dan madu bersama sampai kedua sifat berubah menjadi pasta. Saat pasta disiapkan, oleskan lapisan tipis ke daerah yang terkena. Sekarang, tekan selembar kapas bersih di atasnya. Duduk selama 3 sampai 5 menit, lalu keluarkan pasta dan bersihkan wajah dengan lembut tapi benar.

Catatan: Setelah membersihkan wajah Anda, sebaiknya gunakan pelembab untuk hasil yang lebih baik.

4. Gunakan Lemon untuk Menghilangkan Komedo dari Hidung dan Wajah

Komedo disebabkan oleh tersumbat, terbuka dan pori-pori yang bereaksi terhadap oksigen. Jadi, cara terbaik untuk menyingkirkan komedo dengan cepat adalah mengecilkan pori-pori kulit Anda. Jus lemon adalah zat penting yang akan melakukan pekerjaan ini dengan benar.

Petunjuk :

  • Dengan metode ini, Anda hanya butuh 1 lemon, botol kecil dan bola kapas.
  • Bersihkan wajahmu, lalu keringkan. Sekarang ambil lemon, peras dan simpan jusnya ke dalam botol kecil. Ambil bola kapas kecil, lalu peredam bola kapas dengan menggunakan jusnya. Terapkan ke daerah yang terkena dampak pada waktu tidur. Setelah bangun dari tempat tidur, bilas wajah dengan air, dan oleskan pelembab. Anda bisa menyimpan sisa jus di lemari es hingga seminggu.

Catatan: Jus lemon bisa membuat kulit Anda peka terhadap sinar matahari. Jika Anda berencana untuk menerapkan metode ini di musim panas, Anda harus mengisi tabir surya. Jika kulit Anda sensitif, sebaiknya encerkan jus lemon dengan air.

5. Baking Soda dan Air

Baking soda adalah bahan yang baik untuk menghilangkan komedo. Butiran kecil bekerja secara alami untuk menghilangkan sesuatu yang menyumbat pori-pori kulit Anda.

Petunjuk :

  • Untuk menerapkan metode ini, Anda memerlukan baking soda, dan air tawar.
  • Campur Air dengan baking soda untuk membentuk pasta yang kental, tapi bisa menyebar. Pesan pasta menggunakan gerakan melingkar ke kulit Anda. Sekarang bilas sampai bersih dengan air tawar dan sedikit dingin. Akhirnya, tepuk wajah Anda dan gunakan pelembab.

Catatan: Anda tidak bisa berlebihan, karena baking soda mengandung pH tinggi yang bisa mengeringkan kulit Anda secara serius.

6. Keluarkan komedo dengan kayu manis dan jus lemon

Kayu manis dan jus lemon, keduanya digunakan untuk mengobati komedo. Jika Anda mau, maka Anda juga bisa bersama mereka. Anda hanya perlu membuat masker dengan bubuk kayu manis dan juga jus lemon.

Petunjuk :
  • Jika Anda ingin membuat campuran ini, maka Anda harus mengatur 3 sendok teh jus lemon dan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Anda juga bisa menambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit, pilihan ini opsional.
  • Campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dan juga jus lemon dengan peras bubuk kunyit. Ini adalah pilihan opsional. Jika mau, maka Anda bisa menghindarinya. Manfaatkan ini sebagai pembersih wajah. Terapkan pada zona yang terkena dampak dan biarkan semalam. Cuci muka di pagi hari dengan baik dengan air biasa. Untuk hasil terbaik, Anda harus mempertahankan proses minimal selama satu minggu.

Catatan: Jika Anda memiliki masalah pada kulit Anda seperti jerawat atau masalah kulit lainnya, maka Anda tidak perlu meninggalkan masker ini dalam semalam. Cuci muka atau area yang terkena setelah setengah jam.

7. Gunakan Masker Oatmeal dan Yogurt untuk Menghilangkan Komedo dari Hidung dan Wajah

Campuran oatmeal dan yogurt sangat luar biasa untuk menjaga kulit Anda bebas dari jerawat atau komedo. Anda akan mendapatkan hasil ajaib sesaat setelah menggunakan topeng ini karena akan memberi Anda hasil instan!

Petunjuk :
  • Anda bisa membuat masker dengan menggabungkan dua sendok makan gandum, tiga sendok makan yoghurt. Jika mau, maka Anda juga bisa menggunakan 1 atau 2 sendok teh jus lemon. Oleskan masker ke seluruh wajah Anda atau bahkan daerah yang terinfeksi dan biarkan selama beberapa menit dan setelah itu cuci muka dengan air dingin.


Catatan: Jus lemon adalah pilihan pilihan. Anda juga bisa menghindarinya. Yogurt sebaiknya yogurt polos.


8. Buang komedo dengan masker tomat

Jika Anda ingin mencoba masker ini, Anda hanya perlu melakukan apa-apa selain mengatur tomat!

Petunjuk :
  • Ambil tomat ukuran sedang dan aduk dengan garpu atau bahkan dengan tangan Anda. Oleskan masker ini ke wajah atau di atas komedo Anda. Gosok area ini selama 2 menit. Biarkan selama lima belas menit. Setelah itu wajah atau kulit Anda.

Catatan: Jika kulit Anda kering, maka Anda juga bisa mencoba menambahkan beberapa minyak zaitun extra virgin dengan masker tomat ini. Ini akan membuat kulit Anda lembut. Jika kulit Anda berminyak, maka jangan mencoba menggunakan minyak zaitun karena bisa meningkatkan kemungkinan jerawat. Jika kulit Anda normal, maka itu adalah keinginan Anda apakah Anda ingin mencoba minyak zaitun atau tidak!

9.Gunakan Gula dan Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Komedo pada malam hari

Jika ingin menerapkan larutan ini, Anda harus mengatur 1 sendok teh gula sekaligus satu sendok teh minyak zaitun.

Petunjuk :
  • Campur minyak zaitun dan gula pasir. Gosok ke daerah yang terkena. Gosok masker ini selama 1 menit. Setelah itu cuci muka dengan air bersih.

Catatan: Jika Anda memiliki masalah jerawat, maka Anda tidak perlu menggosok kulit Anda. Anda juga bisa menambahkan beberapa jus lemon untuk mendapatkan hasil terbaik.

10. Keluarkan komedo dengan larutan teh hijau

Jika Anda menggunakan berjam-jam tanpa henti mencoba memotret, menggosok, atau berkonsentrasi tersumbat pori-pori dari wajah Anda, cobalah menggunakan obat yang biasa-biasa saja - teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan tinggi, teh hijau tidak hanya mengurangi minyak dan iritasi pada kulit, juga berfungsi untuk mengamankan dari bahaya masa depan. Jadi lain kali Anda menemukan pori-pori gelap gelap yang menutupi wajah Anda, cukup seduh sampai teh hijau untuk membantu mengucilkan jerawat dengan baik. Jika Anda ingin menerapkan solusi ini, Anda memerlukan beberapa item seperti satu panci, gelas minum, handuk lembut, sarung tangan lembut, bola kapas dan 2 kantong teh hijau.

Petunjuk :
  • Isi panci Anda dengan 1 gelas air. Taruh di atas kompor dan panas sampai mendidih. Keluarkan wadah dari kompor. Tempatkan 2 kemasan teh hijau ke dalam air dan biarkan terjemur selama setengah jam.
  • Tempatkan campuran teh ini ke gelas lain dan Letakkan gelas di tempat yang dingin dan dinginkan selama satu jam. Cuci muka dengan cuci muka yang lembut atau pembersih bayi. Bilas dengan baik dan tepuk wajah Anda kering dengan handuk halus.
  • Ambil bola kapas dan basahi dengan teh hijau dingin. Bubuhkan teh ini ke pori-pori yang tersumbat. Biarkan di kulit Anda selama 15 menit. Cuci muka dengan air dingin, keringkan sepenuhnya, dan oleskan krim kulit atau pelembab ke kulit Anda. Ulangi proses yang sama selama satu minggu Anda akan mendapatkan hasil yang ajaib.

catatan:

Teh hijau juga bermanfaat untuk jerawat yang parah. Jika Anda memiliki masalah jerawat yang parah, Anda juga bisa menerapkan solusi teh hijau yang sama, namun dalam kasus ini Anda harus meneruskan kebiasaan ini setidaknya selama enam minggu dan Anda harus mendaftar setidaknya sekali sehari. Anda juga bisa minum teh hijau secara teratur karena ini akan membantu Anda menjaga kesehatan Anda dan ini juga merupakan solusi bagus untuk mengatasi komedo Anda di dalam dan di luar!

11. Coba Solusi Baru Menggunakan Pasta Gigi

Komedo pada dasarnya terjadi saat minyak dan kotoran terjebak dalam pori-pori dan menjadi sangat terpengaruh. Kerudung wajah yang kering di kulit kita membantu mengeluarkan minyak dan kotoran. Saat kerudung mengeras dan menarik kontaminasi, mereka dapat rileks dan bahkan mengungkapkan pori-pori tersumbat atau bahkan komedo. Pasta gigi bekerja dengan baik sesuai harapan dengan cara komparatif dengan menarik semua kotoran karena menguatkan.

Petunjuk :
  • Pertama-tama, Anda harus membersihkan wajah Anda secara sah dengan tender serta agen pembersih ringan. Oleskan pembersih dan gosokkan selama satu menit, setelah itu cuci muka dengan air hangat.
  • Setelah membersihkan wajah Anda, oleskan sedikit ukuran pasta gigi pada pori-pori yang tersumbat. Pastikan Anda menggunakan pasta gigi minty putih dan bukan sejenis gel. Anda bisa menusuk memanfaatkan Colgate.
  • Anda bisa menerapkan ini sebelum tidur, jika tidak membiarkan pasta gigi kering. Ini mungkin memakan waktu sekitar 2 menit. Pasta gigi akan mengeringkan minyak dan akan mengurangi pembengkakan jerawat.
  • Setelah dikeringkan, secara bertahap dan lembut gosok pasta gigi dalam gerakan memutar untuk menghilangkan komedo Anda. Komedo Anda secara bertahap akan terlepas dengan pasta gigi. Cuci kulit Anda dengan air hangat dan bersih untuk hasil terbaik.

Catatan: Jangan gunakan pasta gigi Gel. Gel Pasta gigi tidak akan membantu Anda untuk menghilangkan komedo Anda.

12. Pasta gigi dan garam

Jika Anda membutuhkan hasil yang tercepat, maka Anda bisa mengoleskan pasta gigi dan larutan garam. Ini akan memberi hasil tercepat.

Petunjuk :
  • Pertama-tama cuci muka dengan cuka muka yang ringan. Ambil 1 sdt garam dan beberapa pasta gigi. Buat campuran dan oleskan pasta ini dengan hati-hati ke kulit Anda. Gosokkan selama satu menit dan setelah itu cuci muka dengan air bersih dan hangat. Ini akan memberi Anda hasil instan.

Catatan: Jangan biarkan kulit Anda kering sebelum mengoleskan masker ini. Jangan menggunakan garam laut. Resep pasta gigi bisa sangat menjengkelkan pada kulit, jadi penting agar Anda menggunakan perawatan ini dengan hemat, dengan menggunakan teknik yang benar. Baca panduan ini sebelum Anda mencoba metode ini.

13. Gunakan Oatmeal dan Rosewater untuk Menghilangkan Komedo pada malam hari

Oatmeal dan obat mawar juga sangat populer. Anda hanya perlu mengatur beberapa oatmeal dan air mawar.

Petunjuk :
  • Ambil beberapa oatmeal dan 3tbsp air mawar. Buatlah pasta kental dan oleskan ke area di mana Anda mengalami komedo. Biarkan selama setengah jam. Setelah itu cuci muka dengan air hangat.

Catatan: Jangan tinggalkan pasta ini lebih dari satu jam!

14. Buang komedo dengan Lemon dan Susu

Ini adalah salah satu solusi alami yang tidak biasa untuk menyingkirkan komedo. Ini akan memberi Anda hasil jangka panjang.

Petunjuk :
  • Ambil 4 sendok teh jus lemon dan 2 sendok makan susu. Campur dengan baik. Oleskan larutan ini ke seluruh kulit yang terkena dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu cuci muka air hangat.

Catatan: Jika Anda tidak ingin menggunakan susu, maka Anda juga bisa menggunakan air mawar. Ini akan memberi Anda hasil yang sama. Anda harus mengaplikasikannya setiap hari.

15. Gunakan Kunyit dan Mint untuk Menghilangkan Komedo Secara Cepat

Ini juga merupakan solusi alami untuk menyingkirkan komedo. Ini akan memberi Anda hasil jangka panjang.

Petunjuk :
  • Ambil 2 sendok teh kunyit dan 3 sendok teh jus mint. Anda bisa lebih atau kurang sesuai dengan kebutuhan anda. Oleskan pasta ini ke seluruh kulit Anda dan tinggalkan selama sepuluh menit dan cuci kulit Anda.
Catatan: Kunyit juga membantu mengurangi infeksi kulit. Ini akan membantu membuat kulit Anda bersinar.

Langkah di atas adalah cara terbaik untuk menyingkirkan komedo di hidung dan wajah sehingga akan menghasilkan hasil terbaik. Jangan mencoba semuanya secara bersama-sama! Pilih salah satu yang memberikan dampak tercepat bagi anda.

Advertisement
advertisement
15 Cara Alami Mengatasi Masalah Komedo di Wajah | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar